Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Narasi Raport Paud


Contoh Narasi Raport Paud

Berikan contoh organisasi paud pada jalur formal dan berikan contoh manfaat ikut organisasi paud bagi guru paud!

1. Berikan contoh organisasi paud pada jalur formal dan berikan contoh manfaat ikut organisasi paud bagi guru paud!


Jawaban:

1. Organisasi GOP TKI

Gabungan Organisai Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOP TKI) terdiri dari yayasan penyelenggara Taman KAnak-Kanak yang tergabung dalam lima belas organisasi besar di Indonesia antara lain : Aisiyah, Muslimat Nahdatul Ulama (NU), PERWARI, Wanita Islam, Taman Siswa dan sebagainya. Pembina Organisasi GOP TKI ini di antaranya ialah Menteri Pendidikan Nasional dan Departemen Dalam Negeri. Strktur organisasi GOP TKI terdiri dari Pembina, Dewan Pimpinan Pusat yang berlokasi di Jakarta, Dewan Pimpinan Daerah, Dewan PImpinan Cabang, dan Dewan Pimpinan Kecamatan.

Organisasi ini turut membantu Pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualiatas sumber daya manusia, dan kesejahteraan pendidikan tenaga kependidikan. Visi GOPTKI sebagai wadah pemersatu organisasi penyelenggara Taman KAnak-KAnak. Sedangkan misi GOPTKI adalah berupaya menjembatani antar penyelenggara Taman Kanak-Kanak  yang mempunyai kondisi dan kemampuan yang bervariasi, agar tercipta suatu standar baku dan keharmonisan dalam mengembangkan pendidikan.

2. IGTKI

Komponen yang kedua adalah Ikatan Guru Taman KAnak-Kanak Indonesia (IGTKI). Pembina organisasi IGTKI adalah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Visi  IGTKI adalah membentuk tenaga pendidik yang berkualitas. Misi dari organisasi ini antara lain adalah meleksanakan berbagai pelatihan, workshop dan seminar yang menunjang profesionalisme tenaga pendidik dan membentuk watak anak bangsa. Semua kegiatan IGTKI di arahkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya untuk anak-anak prasekolah.

3. IGRA  (Ikatan Guru Raudhatul Arhfal)

Hampir sama dengan IGTKI hanya saja IGRA ini khusus untuk para pengelola dan pendidik  Taman Kanak-Kanak Islam.  Kegiatannya membahas dan melaksanakan ajaran Islam di Taman Kanak-Kanak Islam. IGRA dalam kegiatannya di dukung dari Depag. AGRA selain berfungsi sebagai wadah bertemunya guru-guru Taman Kanak-Kanak Islam juga turut melatih dan menambah kemampuan guru-guru TK  Islam agar seakin berkualitas.


2. Contoh eksperimen pada PAUD


Jawaban:

????

Gk pernah ngerasain paud:)


3. contoh karangan sebelum mengambil raport


Hari ini hari pembagian raport. Aku senang sekaligus sedih hari ini. Senang karena Ayah menjanjikan kalau aku bisa masuk peringkat 3 besar, Ayah akan mengajak jalan-jalan keliling Kota Bogor. Tapi aku juga sedih karena harus berpisah dengan teman-teman sekolah selama 2 minggu. Aku pergi bersama Bunda ke sekolah mengambil raport, sedangkan Ayah mengambil raport kakak di SMP Nusa Bangsa Bogor. Saat ini aku bersekolah di kelas 3 SD Nusa Bangsa Bogor. Sekolahku dan sekolah kakak letaknya berdampingan. Setibanya di kelas, aku dan Bunda langsung duduk di bangku yang kosong. Di sana aku lihat juga teman-temanku yang datang bersama orang tuanya. Ada Dina dan Ayahnya, Adri dengan Ibunya, Mail dengan Ibunya dan masih banyak yang lain.

4. cari contoh cerpen tentang menerima raport uts


cerpen menerima raport uts 

Hari ini hari pembagian raport. Aku senang sekaligus sedih hari ini. Senang karena Abi menjanjikan kalau aku bisa masuk peringkat 10 besar, Abi akan mengajak jalan-jalan keliling Kota Bogor. Tapi aku juga sedih karena harus berpisah dengan teman-teman sekolah selama 9 minggu. Aku pergi bersama umi ke sekolah mengambil raport, sedangkan Abi mengambil raport kakak di SMP Nusa Bangsa majalengka. Saat ini aku bersekolah di kelas 3 SD jebur. Sekolahku dan sekolah kakak letaknya berdampingan. Setibanya di kelas, aku dan umi langsung duduk di bangku yang kosong. Di sana aku lihat juga teman-temanku yang datang bersama orang tuanya. Ada Dina dan Ayahnya, Adri dengan Ibunya, Mail dengan Ibunya dan masih banyak yang lain.

“Bayu, kamu dateng sama siapa ke sekolah?,” tanya Dina.
“Aku dateng sama Bunda nih,” jawabku sambil menunjuk Bunda yang sedang mengobrol dengan Ibunya Adri.
“Kamu liburan nanti mau kemana Bay? Aku nanti mau nengokin nenek di Kebumen,” tiba-tiba Mail ikut bergabung dalam obrolan aku dan Dina.
“Gatau nih, kalau nanti aku dapat peringkat bagus Ayah janji mau ngajak jalan-jalan keliling Bogor,” jawabku.
“Wah asyik banget Bay, aku liburan di rumah aja nih kayaknya. Soalnya Ayah sama Ibu sibuk kerja terus” sela Adri sambil cemberut.
“Sabar yaa Dri, mungkin nanti kalau ada waktu luang Ayah sama Ibu kamu ngajak jalan-jalan. Gatau juga kan nanti hehe,” hiburku kepada Adri. “Kalau kamu liburan mau kemana Din?,” sambungku bertanya kepada Dina.
“Aku kayanya liburan ga kemana-mana juga kaya Adri. Tapi kemaren Kak Ana mau ngajakin ke Kota Tua Jakarta kalau Kak Ana udah selesai ujian.” jawab Dina.
“Semoga liburan kita menyenangkan yaa teman-teman. Aku ga sabar denger cerita kalian nanti pas udah masuk sekolah lagi,” ujarku kepada teman-teman.

Aku pasti bakalan kangen banget sama teman-temanku ini, karena mereka teman bermain di sekolah setiap hari. Setelah kelas terisi penuh, Ibu Guru masuk ke kelas dan memberi sambutan. Ibu Guru juga mengumumkan siapa saja yang masuk peringkat 10 besar. Ibu Guru menyebutkan satu per satu dari peringkat 10. Mail mendapat peringkat 9, Adri mendapat peringkat 5 dan Dina peringkat 4. Aku sangat senang karena teman-temanku masuk 10 besar di kelas. Tapi aku lebih senang lagi saat Ibu Guru memanggil namaku.

“Bayu Pratama, selamat ya kamu dapat peringkat pertama di kelas. Buat anak-anak yang lain, selamat ya kalian semua naik ke kelas 4. Semoga nanti kalian lebih rajin belajar yah,” ucap Bu Guru.
“Ya, Bu Guru,” teriak aku dan teman-temanku.

Aku langsung tersenyum senang ke arah Bunda. Yes, akhirnya aku bisa jalan-jalan keliling Kota Bogor sesuai janji Ayah. Setelah selesai acara pembagian raport, aku dan Bunda langsung menuju gerbang menunggu Ayah dan kakak. Kemudian aku melihat Dina, Adri, dan Mail dan aku pun langsung menghampiri mereka.

“Sampai jumpa setelah liburan yaa teman-teman,” kataku kepada mereka.
“Sampai jumpa juga Bayu,” jawab mereka sambil melambaikan tangan dan pergi menjauh.
Aku sangat tidak sabar untuk bercerita kepada ayah dan menagih janjinya. Aku juga tidak sabar untuk menunggu sekolah kembali dan bertemu teman-temanku.



5. contoh puisi untuk anak paud


itu brooooooooooooooooooooo

6. Contoh saran yang baik di raport siswa sd


Bagus Nilai dari ananda tapi ada beberapa nilai pelajaran yang belum mencapai target. Sekiarnya Ananda harus lebih giat belajar dengan motivasi yangblebih dari orang tua serta diperhatikan pola hidup, pola makan serta lingkungan tempat tinggalnya.

7. Contoh artikel konsep dasar paud


Jawaban:

Konsep Dasar PAUD Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 1 ayat 14 menyatakan bahwa: “Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan

Penjelasan:

MAAF KALAU SALAH ^_^

Jawaban:

suatu upaya pembinaan yg ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun

Penjelasan:

semoga membantu ya maaf kalau salah (✿^‿^)

8. contoh running record pada anak PAUD​


Jawaban:

RUNNING RECORD

Nama Anak : Sharif Bari Shofa

Usia : 4,2 tahun

Lokasi : TK Pertiwi 2 Caturharjo Sleman

Pengamat : Wulan Tri Puji Utami

Tgl/waktu : 29 Maret 2012 / 07.30-10.15 wib

TPP

Hasil Pengamatan

Catatan

Mengucapkan salam dan membalas salam (NAM. 6)

Ofa membalas salam ibu Guru dengan lantang dan Ofa bisa mengucapkan salam kepada teman-temannya

Ofa sudah bisa mengucapkan salam dan membalas salam dengan baik juga percaya diri.

Membiasakan diri berperilaku baik. (NAM. 5)

Guru bercakap-cakap dengan siswa tentang bagaimana berpakaian rapi ke sekolah. Saat guru bertanya tentang kelengkapan baju siswa, siswa menjawab dengan berebutan. Ofa diam saja, saat ditanya ternyata Ofa tidak memakai ikat pinggang dan dasinya. Ofa lalu menangis karena takut.

Ofa belum bisa membiasakan diri berperilaku baik. Saat ditanya oleh guru ternyata dasi dan ikat pinggang Ofa masih ada di tas. Ibu Ofa tergesa-gesa pagi tadi dan berpesan pada Ofa untuk minta dipakaikan oleh bu Gurunya tapi Ofa takut bilang keada Bu Guru.

Mengenal lambang huruf.

( K.c.5)

Ofa, Risa dan santi disuruh ibu Guru untuk membaca lambang huruf di lingkungan kelas. Ada berbagai macam kata: SEPATU, BUNGA, TOPI dan lain-lain.

Ofa lancar dalam menunjuk huruf yang diucapkan oleh Bu Guru. Ofa sudah paham lambang huruf A-Z. (gambar 1)

Meniru huruf. (B.c.4)

Guru membagikan buku menulis. Ofa dan teman-temannya meniru huruf yaitu PU-LAU JA-WA.

Ofa sudah lancar dalam meniru huruf. Walaupun masih pelan-pelan. (gambar 2). Tapi belum selesai meniru huruf , Ofa sudah jalan-jalan di kelas lagi dan berdiri di atas kursi . hal itu tentu menggangu konsentrasi teman-temannya. Guru lalu mengajak Ofa untuk turun. (gambar 2)

Mengekspresikan diri berkarya seni menggunakan berbagai media. (MH.5)

Guru memberikan tugas kepada anak-anak untuk menggambar sesuka hati tetapi harus diwarnai secara penuh. Ofa menggambar mobil.

Ofa sudah menggambar tapi belum selesai mewarnai secara penuh. Ofa malah berjalan-jalan , mellihat pekerjaan temannya. Sampai gambarnya tidak selesai diwarnai (gambar 3)

Menjiplak bentuk (MH.2)

Guru membagi kertas bergambar monas, siswa diberi tugas untuk mencap gambar dengan media cutton bud.

Ofa sudah bisa mencap gambar dengan rapi dan bisa menyelesaikan tugas dari Bu Guru. (gambar 4)

Menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar.

(B. a.7)

Anak-anak diajak guru untuk menceritakan cerita yang sudah pernah didengar. Anak-anak juga Ofa berebut untuk cerita sehingga kelas menjadi ribut. Guru lalu menunjuk Ofa untuk bercerita. Ofa bercerita tentang Si Semut dan Si Gajah.

Ofa mampu menceritakan kembali cerita Si Semut dan Si Gajah walaupun Ofa agak malu-malu dalam bercerita (Gambar 5).

Mau berbagi, menolong, dan membantu teman (SE. 2)

Saat merapikan kelas dan mainan, Ofa membantu temannya yang kesulitan mengangkat kursi.

Ofa sangat rajin menolong temannya, saat ada teman atau bu Guru yang kesulitan Ofa langsung membantunya. (Gambar 6)

Mengucapkan doa sebelum dan/atau sesudah melakukan sesuatu. (NAM .6)

Ofa memimpin berdoa untuk pulang sekolah

Ofa sudah hafal doa setelah belajar.

anjai:>


9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan peningkatan profesionalisme guru paud dan jelaskan dengan contoh bagaimana anda sebagai guru paud berusaha menjadi guru paud yang profesional ​


Jawaban:

peningkatan profesionalisme guru paud adalah dia mahir dalam satu bidang dan menguasai nya semakin lama dia mahir semakin meningkat ilmu kemahiran nya

kesabaran dalam mengajar anak anak


10. Contoh hak 4 anak di Paud


Jawaban:

-Mendapat pendidikan

-diperhatikan

-disayangi

-dijaga

Penjelasan:

Pernah ngalamin paud akuu jadinya tau

heheee....

maaf ya kalau salah

Jawaban:

1. Bermain2. Berteman dengan teman teman3. Dapat Bergembira di Paud4. Mendapatkan Pendidikan

Itu saja yang saya tau

Semoga Membantu


11. contoh pengalaman pada saat menerima raport


happy, care for score

12. Contoh perkembangan kognitif anak paud


peningkatan kemampuan daya pikir atau nalar seorang anak seiring dengan perkembangan motorik anak. 

13. contoh surat dinas saat pengambilan raport​


Jawaban:

No:8 5 Mei 2021

Lam:1 berkas

Yht Bpk/Ibu/Srd Pada Tangggal 7 Mei Akan Dilaksanakan nya Jadwal Pengambilan Raport.Harap Datang Di Sekolah Untuk Mengambil Raport.Terima kasih Atas Perhatianya.

Dari:

Lembaga Pendidikan(Terserah)


14. jelaskan apa yang dimaksud dengan peningkatan profesionalisme guru paud dan jelaskan dengan contoh bagaimana anda sebagai guru paud berusaha menjadi guru paud yang profesional​


Jawaban:

peningkatan profesionalisme mungkin bisa dengan cara menerapkan metode pendidikan yg lebih menarik serta edukatif untuk anak usia PAUD , bisa juga dengan memberi contoh perilaku disiplin sejak dini & saling menghargai sesama teman

Penjelasan:


15. contoh surat dinas pembagian raport


DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PONOROGO
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BABADAN PONOROGO
Jalan raya Ponorogo Madiun km 999 Babadan Ponorogo
============================================================
No. : 123/123 /.123 / 2017
Perihal : Undangan Ambil Raport
Ponorogo, 14 Juni 2017

Kepada
Yth. Orang Tua / Wali Murid SMKN 1 Babadan
Di Tempat

Dengan Hormat
Dengan ini kami sampaikan undangan pengambilan raport Semester Genap Untuk tahun pelajaran 2016/2017 yang akan dilaksanakan pada :

Hari : Kamis
Tanggal : 1 Juni 2017
Waktu : 09.00 WIB
Tempat : GOR SMKN 1 Babadan Ponorogo

Demikian undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.



Hormat Kami,
Kepala SMKN 1 Babadan


RUDI HARTONO
NIP : 212121212121212121DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PONOROGOSEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BABADAN PONOROGOJalan raya Ponorogo Madiun km 999 Babadan Ponorogo============================================================No. :123/123 /.123 / 2017Perihal : UndanganAmbil RaportPonorogo, 14Juni 2017KepadaYth. Orang Tua / Wali Murid SMKN 1 BabadanDi TempatDengan HormatDengan ini kami sampaikan undangan pengambilan raport Semester Genap Untuk tahun pelajaran 2016/2017 yang akan dilaksanakan pada :Hari : KamisTanggal : 1 Juni 2017Waktu : 09.00 WIBTempat : GOR SMKN 1 Babadan PonorogoDemikian undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.Hormat Kami,Kepala SMKN 1 BabadanRUDI HARTONONIP : 212121212121212121

Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Narasi Raport Paud"