Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Proyek Matematika Kelas 7 Kurikulum 2013


Tugas Proyek Matematika Kelas 7 Kurikulum 2013

tugas proyek 6.1 matematika kelas 8 kurikulum 2013

1. tugas proyek 6.1 matematika kelas 8 kurikulum 2013


Penanaman Kacang Hijau/Putri Malu
setiap kota berbeda-beda mas kalo di sekolah negri
Penanaman putri malu semoga membantu

2. tugas matematika kelas 9 smp kurikulum 2013


mksudnya apa kak? saya tak mengerti

3. matematika hal 154 kelas 7 kurikulum 2013


Soalnya manaa ?????....

4. latihan 1.3 matematika kurikulum 2013 semester 2 kelas 7


maaf... soal nya mana yaa?? kok gak ada soalnya sih?

5. jawaban soal matematika kelas 7 kurikulum 2013 hal 86


Jawaban "Ayo Kita Berlatih 1.7" B. Soal Uraian, matematika kelas 7 kurikulum 2013 hal 86.

Bilangan adalah suatu konsep dalam ilmu matematika yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran.

Pembahasan

1.  Nyatakan bilangan berpangkat tersebut menjadi bilangan desimal

a.  10⁸ = 100.000.000  

b.  5⁸ = 5 × 5 × 5 × 5 × 5 × 5 × 5 × 5 = 390.625

c.  -10⁶ = -(10⁶) = -(1.000.000) = -1.000.000       (hasilnya negatif, karena tak dalam kurung bilangan awalnya)

d.  2⁴ × 10⁷ = 16 × 10.000.000 = 160.000.000

e.  (-2)⁴ × (-3)⁵ = 16 × (-243) = -3.888

2.  Nyatakan bilangan desimal berikut menjadi bilangan berpangkat (atau bilangan perkalian yang memuat pangkat)

a. 9.000.000 = 9 × 10⁶ = 3² × 10⁶.

b. 46.656 ⇒ kita buat pohon faktor untuk menentukan perpangkatan

   46.656 = 2⁶ × 3⁶ = (2 × 3)⁶ = 6⁶

c. -1.500.000 = -15 × 10⁵ = 15 × (-10)⁵

d. 30.375 ⇒ buat pohon faktor

   30.375 = 3⁵ × 5³

e. -2.109.375 ⇒ buat pohon faktor

   -2.109.375 = -(3³ × 5⁷) = (-3)³ × 5⁷ = 3³ × (-5)⁷

3.  Dengan menggunakan tanda "<", ">", atau "=", nyatakan perbandingan masing masing bilangan berikut.

a. 5³ < 12²

   125 < 144

b. 10⁸ .... 8¹⁰

   10⁸ = 100.000.000

   8¹⁰  = 1.073.741.824

  10⁸ < 8¹⁰

c. 1000¹⁰⁰ .... 1000⁹⁹    (bilangan pokok sama, maka dilihat pangkatnya)

   1000¹⁰⁰ > 1000⁹⁹

d. 99¹⁰⁰ ..... 100¹⁰⁰     (pangkat sama, lihat bilangan pokok)

    99¹⁰⁰ < 100¹⁰⁰

e. 300³⁰¹ ..... 301³⁰⁰ (kita lihat pangkat yang lebih besar, bila digit bilangan pokok sama banyak)

   300³⁰¹ > 301³⁰⁰

f. 1/3¹⁰⁰ .... 1/4¹⁰⁰     (semakin besar penyebut, maka nilainya semakin kecil)

  1/3¹⁰⁰ > 1/4¹⁰⁰

g. 2,713³'¹⁴ ..... 3,14²'⁷¹³  (dilihat banyaknya digit pada bilangan pokok)

   2,713³'¹⁴ > 3,14²'⁷¹³

4.  Tentukan bilangan berpangkat berikut, genap ataukah ganjil.

a. 90⁸⁸ ⇒ GENAP    (karena bilangan pokok genap)

b. 13⁴⁰ ⇒ GANJIL    (karena bilangan pokok ganjil)

c. 8³¹ ⇒ GENAP     (karena bilangan pokok genap)

d. -46⁹⁹ ⇒ GENAP negatif    (karena bilangan pokok genap)

e. -23⁸⁸ ⇒ GANJIL negatif   (karena bilangan pokok ganjil)

5.  Tentukan bilangan berpangkat berikut, positif ataukah negatif.

a. 90⁸⁸ ⇒ POSITIF       (karena bilangan pokok positif)

b. -13⁴⁰ ⇒ NEGATIF      (karena bilangan pokok negatif dan tak diberi kurung, walau pangkat genap)

c. -7³¹ ⇒ NEGATIF    (karena bilangan pokok negatif dan bepangkat ganjil)

d. -40⁹⁹ ⇒ NEGATIF    (karena bilangan pokok negatif dan bepangkat ganjil)

e. (-20)⁸⁸ × (-17)⁹ ⇒ positif × negatif = NEGATIF

---------------------------------------------------------------

Pelajari lebih lanjut tentang BilanganTentukan hasil dari perkalian berikut A. 400 × (-60). B. (-40) × 600. C.(-400) × (-600) → brainly.co.id/tugas/417444Seorang turis di selat sunda melihat ikan lumba-lumba meloncat sampai 4 meter di atas permukaan laut . kemudian ikan itu menyelam sampai 9 meter di bawah permukaan laut → brainly.co.id/tugas/11271203Pak abdul mempunyai hutang pada pak boas rp.700.000,00.karena anak pak abdul mengalami kecelakaan, ia terpaksa meminjam uang lagi pada pak boas sebesar rp.200.000,00. → brainly.co.id/tugas/417444Tentukan nilai dari operasi hitung berikut  : 1. 45 + 56 × 48 – 216 : 9 → brainly.co.id/tugas/3125588Urutkan bilangan pecahan berikut dari yang terbesar → https://brainly.co.id/tugas/12329462Detil JawabanKelas         : 7 SMPMapel        : MatematikaMateri        : Bab 1 - BilanganKode          : 7.2.1Kata kunci : bilangan, bilangan berpangkat, ayo kita berlatih 1.7, soal uraian

Semoga bermanfaat


6. Latihan 2 Matematika kelas 7 hal 162 kurikulum 2013​


Jawaban:

itu jawabannya dah difotoin, semoga membantu:)


7. Jawaban proyek kewarganegaraan hal 144 kelas 9 kurikulum 2013


Jawaban:

mana fotonya harusnya difoto dong


8. Matematika kelas 7 hal 190 kurikulum 2013


Jawaban:

aku ga ngerti

Penjelasan dengan langkah-langkah:

karena aku ga ada buku nya


9. matematika kelas 7 kurikulum 2013 semester 2 hal 140


Matematika kelas 7 kurikulum 2013 semester 2 hal 140 adalah materi mengenai sudut. Satu putaran penuh sama dengan 360ᵒ. Sudut terdiri dari  

sudut tumpul (90ᵒ < α < 180ᵒ) sudut siku-siku (α = 90ᵒ) sudut lancip (0ᵒ < α < 90ᵒ) sudut lurus (α = 180ᵒ) sudut refleks (180ᵒ < α  < 360ᵒ)

Sudut pada jam dinding:

Pergerakan jarum jam pendek dalam 1 jam (satu putaran jarum jam pendek = 12 jam) adalah

360⁰ ÷ 12 = 30⁰ per jam

Pergerakan jarum jam panjang dalam 1 jam (satu putaran jarum jam panjang = 1 jam = 60 menit) adalah

360⁰ ÷ 60 = 6⁰ per menit

Pembahasan

1. Nyatakanlah setiap sudut dibawah ini, apakah termasuk sudut lancip, tumpul atau siku-siku. Serta gambarkan setiap sudut tersebut.

Jawab

a. [tex]\frac{1}{3}[/tex] sudut lurus

= [tex]\frac{1}{3}[/tex] × 180ᵒ

= 60ᵒ

Merupakan sudut lancip karena 0ᵒ < 60ᵒ < 90ᵒ

b. [tex]\frac{2}{5}[/tex] putaran penuh

= [tex]\frac{2}{5}[/tex] × 360ᵒ

= 2 × 72ᵒ

= 144ᵒ

Merupakan sudut tumpul karena 90ᵒ < 144ᵒ < 180ᵒ

c. 180ᵒ – [tex]\frac{5}{6}[/tex] sudut lurus

= 180ᵒ – [tex]\frac{5}{6}[/tex] × 180ᵒ

= 180ᵒ – 5 × 30ᵒ

= 180ᵒ – 150ᵒ

= 30ᵒ  

Merupakan sudut lancip karena 0ᵒ < 30ᵒ < 90ᵒ

Untuk gambarnya bisa di lihat dilampiran

2. Hitung sudut terkecil dari jarum jam berikut ini:

Jawab

a. Pukul 04.30

Jarum jam pendek bergerak 4 jam 30 menit

= 4 jam + 30 menit

= 4 jam + (30/60) jam

= 4 × 30⁰ + (30/60) × 30⁰

= 120⁰ + 15⁰

= 135⁰

Jarum jam panjang bergerak 30 menit dari angka 12

= 30 × 6⁰

= 180⁰  

Jadi sudut terkecil yang terbentuk antara jarum jam pendek dengan jarum jam panjang pada pukul 4.30 adalah

= 180⁰ – 135⁰

= 45⁰

b. Pukul 07.20

Jarum jam pendek bergerak 7 jam 20 menit

= 7 jam + 30 menit

= 7 jam + (20/60) jam

= 7 × 30⁰ + (20/60) × 30⁰

= 210⁰ + 10⁰

= 220⁰

Jarum jam panjang bergerak 20 menit dari angka 12

= 20 × 6⁰

= 120⁰  

Jadi sudut terkecil yang terbentuk antara jarum jam pendek dengan jarum jam panjang pada pukul 7.20 adalah

= 220⁰ – 120⁰

= 100⁰

c. Pukul 05.12

Jarum jam pendek bergerak 5 jam 12 menit

= 5 jam + 12 menit

= 5 jam + (12/60) jam

= 5 × 30⁰ + (12/60) × 30⁰

= 150⁰ + 6⁰

= 156⁰

Jarum jam panjang bergerak 12 menit dari angka 12

= 12 × 6⁰

= 72⁰  

Jadi sudut terkecil yang terbentuk antara jarum jam pendek dengan jarum jam panjang pada pukul 05.12 adalah

= 156⁰ – 72⁰

= 84⁰

d. Pukul 09.01

Jarum jam pendek bergerak 9 jam 1 menit

= 9 jam + 1 menit

= 9 jam + (1/60) jam

= 9 × 30⁰ + (1/60) × 30⁰

= 270⁰ + 0,5⁰

= 270,5⁰

Jarum jam panjang bergerak 1 menit dari angka 12

= 1 × 6⁰

= 6⁰  

Jadi sudut yang terbentuk antara jarum jam pendek dengan jarum jam panjang pada pukul 09.01 adalah

= 270,5⁰ – 6⁰

= 264,5⁰  

karena masih > 180ᵒ maka ini bukanlah sudut terkecil, tetapi sudut terkecilnya adalah:

= 360⁰ – 264,5⁰

= 95,5⁰

e. Pukul 10.40

Jarum jam pendek bergerak 10 jam 40 menit

= 10 jam + 40 menit

= 10 jam + (40/60) jam

= 10 × 30⁰ + (40/60) × 30⁰

= 300⁰ + 20⁰

= 320⁰

Jarum jam panjang bergerak 40 menit dari angka 12

= 40 × 6⁰

= 240⁰  

Jadi sudut terkecil yang terbentuk antara jarum jam pendek dengan jarum jam panjang pada pukul 10.40 adalah

= 320⁰ – 240⁰

= 80⁰  

Pelajari lebih lanjut  

Contoh soal lain tentang sudut

https://brainly.co.id/tugas/14740859

------------------------------------------------  

Detil Jawaban  

Kelas : 7

Mapel : Matematika  

Kategori : Garis dan Sudut

Kode : 7.2.3

Kata Kunci : Matematika kelas 7 kurikulum 2013 semester 2 hal 140


10. materi matematika di semester 1 untuk kelas 7 kurikulum 2013​


Jawaban:

Materi Matematika SMP Kelas 7 semester 1

Bab 1 Bilangan

Bab 2 Himpunan

Bab 3 Bentuk Aljabar

Bab 4 Persamaan dan Pertidaksamaan Linear satu Variabel

Materi Matematika SMP Kelas 7 semester 2

Bab 5 Perbandingan

Bab 6 Aritmetika Sosial

Bab 7 Garis dan Sudut

Bab 8 Segiempat dan segitiga

Bab 9 Penyajian Data:

bilangan bulat

semmogaa membantu


11. Latihan 1.7 buku matematika kelas 7 SMP kurikulum 2013


halaman berapa emangnya??

12. Latihan 4.1 buku matematika kelas 7 kurikulum 2013 hal. 222


Wah sepertinya saya harus mencari bukunya dulu yaa..

Soal dan jawaban saya lampirkan aja ya karena cukup panjang. Ada 2 lampiran.

Semoga membantu..

13. Bab 1 kelas 9 matematika kurikulum 2013 tugas halaman 41


Jawaban Tugas Pada Bab 1 Kelas 9 Matematika Kurikulum 2013 halaman 1

[tex]\sqrt{108}[/tex] = [tex]6\sqrt{3}[/tex]

[tex]\sqrt{147}[/tex] = [tex]7\sqrt{3}[/tex]

[tex]\sqrt{200}[/tex] = [tex]10\sqrt{2}[/tex]

[tex]\sqrt{14.400}[/tex] = 120

[tex]\sqrt{0,0576}[/tex] = [tex]\frac{6}{25}[/tex]

PembahasanMenyederhanakan Bentuk Akar

Bentuk akar merupakan salah satu bilangan irasional. Bilangan irasional adalah bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk [tex]\frac{a}{b}[/tex]

Di samping itu, bentuk akar merupakan kebalikan dari bentuk pangkat.

[tex]\sqrt{4}[/tex] = 2, karena 2² = 4

[tex]\sqrt{9}[/tex] = 3, karena 3² = 9

Suatu bentuk akar yang akarnya bukan berupa bilangan bulat pada dasarnya masih dapat disederhanakan. Dan dalam kesempatan ini akan kita bahas.

[tex]\sqrt{108}[/tex]

Mengubah bilangan 108 ke bentuk perkalian yang mana salah satu bilangan perkaliannya adalah bilangan yang dapat ditentukan akarnya.

= [tex]\sqrt{36.3}[/tex]

Karena akar 36 = 6 maka hasil akhirnya adalah

= [tex]6\sqrt{3}[/tex]

[tex]\sqrt{147}[/tex]

Mengubah bilangan 147 ke bentuk perkalian yang mana salah satu bilangan perkaliannya adalah bilangan yang dapat ditentukan akarnya.

= [tex]\sqrt{49.3}[/tex]

Karena akar 49 = 7 maka hasil akhirnya adalah

= [tex]7\sqrt{3}[/tex]

[tex]\sqrt{200}[/tex]

Mengubah bilangan 200 ke bentuk perkalian yang mana salah satu bilangan perkaliannya adalah bilangan yang dapat ditentukan akarnya.

= [tex]\sqrt{100.2}[/tex]

Karena akar 100 = 10 maka hasil akhirnya adalah

= [tex]10\sqrt{2}[/tex]

[tex]\sqrt{14.400}[/tex]

Karena hasil akarnya dapat langsung ditentukan maka tidak perlu diubah ke bentuk perkalian.

[tex]\sqrt{14.400}[/tex] = 120

[tex]\sqrt{0,0576}[/tex]

Mengubah bentuk desimal ke bentuk pecahan

[tex]\sqrt{\frac{576}{10.000}}[/tex]

Menyederhanakan bentuk pecahan

[tex]\sqrt{\frac{36}{625}}[/tex]

Menentukan hasil akhir

[tex]\frac{6}{25}[/tex]

Demikian penjelasan dan penyelesaian soal di atas.

Pelajari lebih tentang bentuk akar pada :

1. Menyederhanakan bentuk akar 0.03 : https://brainly.co.id/tugas/3044097 2. Bentuk sederhana dari akar 48 : https://brainly.co.id/tugas/6877972

Detil Jawaban

Kelas : 9

Mapel : Matematika

Bab : Bentuk Akar

Kode : 9.2.1

Kata Kunci : bab 1, kelas 9, kurikulum 2013


14. pelajaran matematika kelas 7 kurikulum 2013 apa aja​


himpunan, bilangan, garis dan sudut, segitiga dan segiempat, perbandingan skala, persamaan/pertidaksamaan satu variabel, aritmatika, transformasi, statistika, dan peluang

Maaf ya klo salah


15. Buku matematika kelas 7 kurikulum 2013 hal 144


1. Bukan Himpunan

2. Bukan Himpunan

3. Himpunan

4. Himpunan

5. Bukan Himpunan

6. Bukan Himpunan


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Tugas Proyek Matematika Kelas 7 Kurikulum 2013"