Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Format Supervisi Paud


Format Supervisi Paud

Menurut análisis anda supervisi apa yang harus dilakukan pada sekolah yang belum pernah dilakukan supervisi


Jawaban:

Supervisi guru saat pembelajaran di kelas apakah masih terprogram dan rutin dilaksanakan oleh kepala sekolah  dan pengawas mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan saat ini?Atau hanya simbol administrasi memenuhi syarat akreditasi.

Sementara peningkatan mutu pendidikan secara nasional di Indonesia setiap tahun belum menunjukkan hasil maksimal merata bagi setiap satuan pendidikan. Satuan pendidikan belum  menunjukan kualitas proses pembelajaran bagi siswa di kelas sehingga hasilnya selalu membuat masyarakat menggerutu.

Pihak Kementrian Pendidikan,Pemerintah Daerah,Dinas Pendidikan,Pemerhati bertanya mengapa mutu pendidikan demikian.Mari kita tengoklah ke dalam sebelum bicara. Pasti ada cambuk yang senantiasa mempengaruhinya.Supervisi atau pengawasan langsung di kelas berjalan atau tidak oleh kepala sekolahnya.

Mengikuti informasi melalui media cetak dan eletronik banyak memuat berbagai persoalan  kepala sekolah dan pengawas satuan pendidikan kurang optimal melaksanakan supervisi kelas bagi setiap guru mata pelajaran dari TKK,SD,SMP,DAN SMU.

maaf jika salah


2. apa yang dengan supervisi


Secara morfologis, Supervisi berasal dari dua kata bahasa Inggris, yaitu super dan vision. Super berarti diatas dan vision berarti melihat, masih serumpun dengan inspeksi, pemeriksaan dan pengawasan, dan penilikan, dalam arti kegiatan yang dilakukan oleh atasan – orang yang berposisi diatas, pimpinan – terhadap hal-hal yang ada dibawahnya. Supervisi juga merupakan kegiatan pengawasan tetapi sifatnya lebih human, manusiawi. Kegiatan supervise bukan mencari-cari kesalahan tetapi lebih banyak mengandung unsur pembinnaan, agar kondisi pekerjaan yang sedang disupervisi dapat diketahui kekurangannya (bukan semata - mata kesalahannya) untuk dapat diberitahu bagian yang perlu diperbaiki Secara sematik, Supervisi pendidikan adalah pembinaan yang berupa bimbingan atau tuntunan ke arah perbaikan situasi pendidikan pada umumnya dan peningkatan mutu mengajar dan belajar dan belajar pada khususnya. Secara Etimologi, supervisi diambil dalam perkataan bahasa Inggris “ Supervision” artinya pengawasan di bidang pendidikan. 
Supervisi adalah istilah yang akrab kita dengar sehari-hari. Dalam dunia kerja, jabatan supervisi seringkali diartikan sebagai jabatan yang berada di atas karyawan biasa, namun masih lebih rendah daripada jabatan “bos”

3. wajibkah supervisi didalam dunia pendidikan dan apa pengaruhnya jika tidak ada supervisi didalam dunia pendidikan​


Jawaban:

Wajib,jika tidak ada akan terjadi tertinggalan kurikulum

Penjelasan:

Semoga bermanfaat

Maaf kalau salah


4. supervisi pelaksanaan kurikulum


2. Bidang Kegiatan Supervisi KurikulumBidang kegiatan utama supervisi kurikulum adalah membantu dan membimbing atau mengarahkan atau menggerakkan guru-guru untuk meningkatkan mutu kemampuan profesionalnya sehubungan dengan pelaksanaan kurikulum, diharapkan guru-guru menyadari kelemahan dan kekurangan, baik berkat rangsangan dari supervisor maupun berkat pemahaman diri sendiri.a. Pengertian Kemampuan Profesional GuruGuru adalah suatu pekerjaan profesional, yang menuntut persyaratan keahlian dalam bidang pendidikan. Dengan keahliannya itu, guru dapat mengabdikan dirinya berdasarkan hati nuraninyasendiri terhadap kepentingan masyarakat. Konsep berpikir ini sejalan dengan pandangan Prof. Dr. Sikun Pribadi yang mengemukakan, bahwa profesi itu hakikatnya ialah suatu pertanyaan atau suatu janji yang terbuka, bahwa seorang akan mengabdikan dirinya kepada suatu jabatan terbuka atau pekerjaan dalam arti biasa, karena orang tersebut merasa terpanggil untuk pengabdian sepenuh hati sesuai dengan etika yang dianut dalam profesi kependidikan.Pekerjaan profesional dapat diselenggarakan dengan baik dan berhasil, jika guru memilki kemampuan-kemampuan yang sesuai dengan tuntutan tugas dan perannya. Pengertian kemampuan (competency) Jhonson dalam hal ini merumuskan sebagai berikut: A competency as rational performance which satisfactirily meets the objectives for a desired condition. Rasional berarti sipelaku mempunyai arah dan tujuan tertentu setelah melalui berbagai pertimbangan. Performance berarti tingkah laku, baik dapat diamati maupun tidak dapat diamati. Satisfactorily berarti kemampuan itu kuat dan memadai untuk mencapai tujuan. Objectives berarti kemampuan sesuatu yang menunjukkan pada hasil-hasil yang diharapkan. A desired condition berarti keadaan dimana tingkah laku itu diinginkan. Keberhasilan pelaksanaan tugas dan peranan guru banyak ditentuka oleh faktor kemampuan yang dimilikinya. Karena itu guru harus mampu melaksanakantanggung jawab untuk mengembangkan kognitif siswa, yang berkenaan dengan perkembangan intelektualnya; tanggung jawab mengembangkan hubungan sosial para siswa, dan tanggung jawab mengembangkan aspek kepribadian siswa khususnya yang berkenaan dengan perkembangan emosional. Pelaksanaan tanggung jawab ini membutuhkan kemampuan profesional yakni yang berkenaan dengan kemampuan dalam proses belajar-mengajar. Kemampuan sosial berkenaan dengan hubungan kemampuan berkomunikasi dan membina. Hubungan sosial dengan para siswa, dan kemampuan ini penting maknanya kepribadian terutama aspek sikap dan nilai, yang berfungsi membantu pelaksanaan pengajaran, bahkan merupakan salah satu komponen dalam kemampuan profesional itu.Kemampuan profesional ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria: (1) kognitif yakin penguasaan pengetahuan atau intelektual; (2) performance yang berkenaan dengan kemampuan untuk kerja (perbuatan); (3) efektif yang berkenaan dengan aspek kepribadian atau sikap dan nilai; (4) produk yang berkenaan dengan hasil belajar siswa; dan (5) eksploratoris yang berkenaan dengan pengalaman-pengalaman khusus aspek kognitif meliputi penguasaan pengetahuan materi/spesialisasi pelajaran tertentu yang akan diajarkan.Penguasaan konsep, prinsip dan strategi mengajar dan belajar. Aspek performance merupakan perilaku yang dapat diamati dan diatur yang harus dirumuskan secara khusus, aspek efektif meliputi sikap-sikap, minat, penghargaan, dan nilai-nilai yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar kendatipun sulit merumuskan secara spesifik karena bersifat ekspresif.Aspek produk adalah perubahan tingkah laku siswa setelah mendapat pengajaran dari guru. Perubahan tingkah laku hakikatnya merupakan indikator kemampuan profesional guru bersangkutan, aspek eksploratoris adalah pengalaman khusus di luar sekolah, misalnya tentang masyarakat di sekitar sekolah, tentang sekolah lain, dan sebagainya.b. Bentuk Kegiatan Supervisi KurikulumUraian diatas menunjukkan, kompleksnya kemampuan guru sebagai tenaga profesional kependidikan. Semua kemapuan guru seyogianya mendapat perhatian dari supervisor (Penilik atau Pengawas), namun beberapa diantaranya khususnya yang bertalian dengan pelaksanaan kurikulum, yang perlu mendapat perhatian dengan seksama, yakni kemampuan-kemampuan, sebagai berikut:1) Kemampuan melaksanakan kurikulum yang berkaitan dengan pelaksanaan proses belajar-mengajar.2) Kemampuan memilih dan menggunakan material kurikulum, khususnya yang berkenaan dengan media intruksional dan bahan-bahan belajar.3) Kemampuan memberikan pelayanan terhadap perbedaan individual siswa dengan mempehatikan perilaku awal, kemampuan, bakat, minat, dan sebagainya.4) Kemampuan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yang tentunya mencakup juga kegiatan ko kurikuler.5) Kemampuan memecahkan masalah-masalah khusus, misalnya dispilin kelas dan masalah sosial lainnya.

5. apa pentingnya administrasi & supervisi pendidikan untuk pendidik dan apa dampaknya jika seorang guru tidak tahu teori administrasi & supervisi pendidikan serta apa manfaat administrasi & supervisi pendidikan terhadap lembaga pendidikan


Jawaban:

pentingnya administrasi dan supervisi pendidikan untuk mengajar siswa menuju lingkungan sekolah yang baik

dampak jika seorang guru tidak tahu teori

administrasi dan supervisi adalah kurang baik dalam mengajar siswa nya

manfaat administrasi dan supervisi adalah siswa bisa baik dalam belajar dan prilakunya

maaf baru pemula :)


6. uraikan salah satu kegiatan supervisi yg ada di sekolah. Berikan penjelasan termasuk jenis supervisi yg mana dan kenapa kegiatan supervisi tersebut penting untuk dilakukan.​


Jawaban:

Supervisi adalah istilah yang akrab kita dengar sehari-hari. Dalam dunia kerja, jabatan supervisi seringkali diartikan sebagai jabatan yang berada di atas karyawan biasa, namun masih lebih rendah daripada jabatan “bos”. Sebenarnya, apa definisi dari supervisi?

Kata supervisi dapat didefinisikan menurut beberapa kategori. Secara etimologis, supervisi berasal dari bahasa Inggris supervision. Super berarti di atas, sedangkan vision berarti pengelihatan/ melihat. Jika diartikan secara bebas, maka supervision dapat pula dimaknai sebagai melihat dari atas.


7. Apa yang di maksud dengan supervisi?


Supervisi adalah istilah yang akrab kita dengar sehari-hari. Dalam dunia kerja, jabatansupervisi seringkali diartikan sebagai jabatan yang berada di atas karyawan biasa, namun masih lebih rendah daripada jabatan “bos”.

8. apa pengertian supervisi pendidikan ?​


Jawaban:

Supervisi adalah aktivitas dan kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh seorang profesional untuk membantu guru dan tenaga pendidikan lainnya dalam memperbaiki bahan, metode dan evaluasi pengajaran dengan melakukan stimulasi, koordinasi dan bimbingan secara kontinyu agar guru menjadi lebih profesional dalam meningkatkan pencapaian tujuan sekolah.

Penjelasan:

semoga membantu


9. Sebutkan apa saja yang ada di supervisi?


Jawaban:

1.Reseach: Penelitian. Seorang supervisor harus melakukan penelitian mengenai situasi perusahaan dan juga karyawan-karyawan yang berada di bawahnya. ...

2. Evaluation: Penilaian. ...

3. Improvement: Perbaikan. ...

4. Assistence : Bimbingan. ...

5.Cooperation : Kerjasama.

Berikut adalah beberapa jenis kegiatan supervisi yang biasa dilakukan:

• Reseach: Penelitian.

• Evaluation: Penilaian.

• Improvement: Perbaikan.

• Assistence : Bimbingan.

• Cooperation : Kerjasama.

#semangatbelajar


10. penjelasan tentang supervisi


Supervisi adalah istilah yang akrab kita dengar sehari-hari. Dalam dunia kerja, jabatan supervisi seringkali diartikan sebagai jabatan yang berada di atas karyawan biasa, namun masih lebih rendah daripada jabatan “bos”. Sebenarnya.

11. apa pengerian supervisi adala


Supervisi adalah sebuaj istilah dalam dunia kerja yg mana jabatannya lebih tinggi dari karyawan biasa tetapi dibawah bos

Semoga membantu :-)

12. Definisi supervisi menurut anda


Jawaban:

Pengarah serta pengendali kepada tingkat karyawan yang berada di bawahnya dalam suatu organisasi atau kelompok.

Penjelasan:

Jawaban:

Supervisi maknanya yakni kegiatan peninjauan dengan maksud mengarahkan untuk proses yang lebih baik dalam mencapai suatu target/goal

Penjelasan:

Dalam artian supervisi dilakukan oleh orang yang ahli dan berpengalaman dalam suatu bidang sehingga menghasilkan adanya suatu peningkatan pada suatu proses (misal : syuting film prosesnya jadi lebih inovatif) dan tidak mengandung dan sangat berbeda sekali dengan kritik


13. macam macam supervisi pendidikan​


Jawaban:

-Supervisi Akademik.

-Supervisi Administrasi.

-Supervisi Lembaga.

maaf ya kak jika jawaban nya salah


14. apa alaasan dari pemeintah pendisikan menggunakan supervisi klinis sebagai salah salah satu supervisi dipakai di sekolah....?​


Jawaban:

ναηθε κγσκ μηαησκ κηηκα ξγκκα


15. Apakah supervisi sama dengan observasi


Jawaban:

BEDA

Penjelasan:

Supervisi adalah istilah yang akrab kita dengar sehari-hari. Dalam dunia kerja, jabatan supervisi seringkali diartikan sebagai jabatan yang berada di atas karyawan biasa, namun masih lebih rendah daripada jabatan “bos”.sedangkan Pengertian observasi secara umum adalah suatu aktivitas yang dilakukan guna mengetahui sesuatu dari sebuah fenomena yang berdasarkan pengetahuan serta gagasan.

maaf kalau salah


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Format Supervisi Paud"